Tempat Wisata di Palu

Tempat Wisata di Palu -  Palu salah satu kota yang memiliki wisata bahari yang indah, dan Palu adalah ibukota propinsi Sulawesi Tengah. Pantai di Palu sangat indah dan menarik banyak wisatawan yang datang, begitu juga dengan teluknya, selain itu ada pesona budaya peninggalan jaman dahulu yang bisa kita kunjungi. Seperti yang di beritakan Palu akan dijadikan pangkalan kapal selam karena posisinya yang strategis. 

Palu menjadi terkenal karena kota ini berkembang pesat diantara kota di sulawesi, itu di tandai dengan adanya Jembatan 41 di Teluk Palu. Jembatan yang terbesar di Indonesia bahkan katanya ketiga di dunia. Selain itu kita juga bisa melihat tempat pariwisata lain yang indah, kita tidak akan tahu kalau belum mengenalnya bukan. 


1. Pantai Talise

Dengan akses yang mudah dan posisinya di tengah kota, Pantai Talise menjadi obyek wisata yang murah meriah. Panoramanya yang indah membuat kita betah untuk bertahan lama di pantai, apalagi bersama dengan teman, pacar atau keluarga. Posisi Pantai Talise berada 2 kilo dari utara pusat kota Palu. Disaat sore hari pantai ini bisa dijadikan tempat untuk duduk duduk sambil minum kopi, makan jagung atau makanan kecil mengunggu matahari tenggelam. Selain itu, pantai ini sangat cocok untuk kegiatan olah raga, seperti: berenang, selancar angin (wind surfing), sky air, menyelam, memancing

2. Pantai Tanjung Karang

Untuk ke Pantai Tanjung Karang kita bisa menempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Akses yang mudah bisa membuat kita banyak pilihan dari menggunakan motor, mobil pribadi, angkutan umum. Berangkat dari jalan Imam Bonjol dan Pasar Inpres. Bagi yang hobi mengabadikan pemandangan ini adalah kesempatan yang bagus, karena selama perjalan ke pantai kita bisa melihat pemandangan pantai Teluk Palu yang indah dari kanan jalan. Setelah sampai di Kota Donggala kita bisa menikmati suasana bangunan peninggalan Belanda dengan arsitekturnya. Kota Donggala memiliki pelabuhan yang indah, selama di pantai Tanjung Karang kita bisa melakukan snorkeling dan diving, jika tidak membawa peralatan sudah ada tempat persewaannya. Laut yang biru indah akan membuat pikiran kita menjadi fresh dari kesibukan selama kerja

3. Air Terjun Saluopa

Keindahan Air Terjun Saluopa adalah memiliki 12 tingkat, melalui bebatuan yang bisa membuat pengunjung bisa menuju air terjung dengan mudah. Untuk kesana kita juga akan di temui beberapa hewan tropis yang mungkin jarang kita temui di perkotaan. Sebelum air terjun kita juga akan melewati jembatan. Ketika suasana yang mendukung maka di sekitar air terjun muncul pelangi yang indah, dengan air yang bersih kita bisa mengabadikan melalui foto. Lokai Air Terjun Saluopa terdapat di Desa Tonusu, Pamina Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Jika kita ingin kesana kita harus melati Kota Tentena sepanjang 12 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umun. Kemudian untuk ke area air terjun kita harus jalan kaki sepanjang 500 meter. Fasilitas yang disediakan di dekat Air Terjun Saluopa masih belum ada karena masih alami sehingga jika kita harus menginap, sebaiknya kita menginap di Kota Tentena

4. Pusentasi atau Pusat Laut
Perjalanan yang panjang dan melelahkan akan terbayar mahal bila kita sudah mencapai tempat yang kita tuju. Memang kita untuk menuju kesana harus kerja keras karena susah sekali akses yang harus kita tempuh. Pusentasi terdapat di Desa Towale, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Untuk ke lokasi ini kita bisa melakukan perjalanan selama 2 jam dari Kota Palu.  

Gambar diatas adalah Sink Hole atau tanah ambles yang menjadi pemandangan indah. Reruntuhan tanah yang dahulu kala ada terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Karena modelnya seperti sumur banyak orang bilang kalau ini adalah Sumur Laut. Bagi yang suka berenang atau bermain air kita bisa bermain di lubang ini, untuk naik keatas sudah disediakan tangga.Selain Sink Hole kita juga dimanjakan dengan pasir pantai yang putih dan luas sehingga kita bisa bermain pasir dengan puas. 

5. Pulau Pasoso

Pulau Pasoso salah satu tempat wisata di Sulawesi Tengah yang paling terkenal dan banyak orang yang mengunjunginya. Pulau ini juga terkenal sebagai pulau penyu hijau, karena pulau ini banyak terdapat penyu hijau yang naik ke darat untuk bertelur. Lokasi pulau ini terdapat di Kecamatan Balaesang. Untuk ke pulau kita harus menggunakan perahu, Pulau Pasoso sangat terkenal sampai banyak wisatawan mancanegara yang datang kesini untuk berwisata atau sekedar berjemur. Keindahan pulau yang dikelilingi oleh lautan yang biru membuat wisatawan sangat senang seperti di dunia yang lain. Pesona laut yang indah juga budaya masyarakat sekitar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika kita ingin kesana banyak jalur yang bisa kita capai, namun jalur utama kita bisa melalui desa Tambu, Kecamatan Balaesang, 109 km sebelah utara Kota Palu, lalu kita harus menggunakan perahu motor sekitar 1 jam. Jalur alternatif yang tak kalah serunya adalah dari Tanjung Karang, jalur ini merupakan jalur paling popular dikarenakan beberapa pengusaha pariwisata di Tanjung Karang menyiapkan paket perjalanan ke Pulau Pasoso dengan menggunakan Kapal pengamat karang yang membuat pengunjung bisa menyaksikan keindahan panorama bawah laut. Keindahan lain yang kita dapat adalah sunrise dan sunset yang sangat indah.

Semoga informasi tentang Tempat Wisata di Palu bisa memberikan kita wawasan tentang Kota Palu yang indah. Apabila kita bisa berkunjung kesana jangan pernah lewatkan tempat wisata yang indah ini, karena akan merasa rugi bila memang kita jarang pergi ke Palu bila tidak kita manfaatkan dengan baik.