Tempat Wisata di Yogyakarta

Tempat Wisata di Yogyakarta - Yogyakarta merupakan kota yang spesial bersama dengan aceh dan Ibukota Jakarta karena itu semuanya diberi nama Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaan bisa kita lihat dari tempat wisatanya yang indah dan tetap terpelihara dengan baik.

Selain kota wisata yogyakarta juga kota pendidikan, Universitas Gajah Mada sudah terkenal keseluruh nusantara menghasilkan mahasiswa yang berprestasi. Jadi kota Yogyakarta itu kota yang komplet, kalau kamu dari daerah jawa timur ketika liburan sekolah sehabis menerima rapor setiap sekolah mengadakan kunjungan wisata selain Bali maka Yogyakarta yang menjadi pilihannya. Kita akan melihat tempat wisata di Yogyakarta yang banyak di kunjungi orang

1. Pantai Parangtritis

Keindahan pantai parangtritis sudah tidak diragukan lagi, pantai putih yang panjang dengan ombak yang besar dari pantai selatan. Setiap tahunnya di kunjungi banyak wisatawan baik domestik atau mancanegara. Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota yogyakarta. Banyak gubuk kecil yang disediakan oleh pengelolan pantai untuk peristirahatan. Pantai Parangtritis dianggap pantai yang kramat karena menurut cerita pantai itu adalah tempat dari Ratu Nyi Roro Kidul, sehingga banyak tahayul yang bilang jangan sampai memakai pakaian hijau ke pantai parangtritis agar tidak terjadi apa apa. Tetapi keindahan pantai yang exotis mengalahkan hal tahayul tersebut. 

2. Candi Prambanan

Bersama dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan merupakan warisan kebudayaan dunia. Di seluruh Asia Tenggara Candi Prambanan merupakan candi hindu paling besar. Pada tahun 1991 Candi Prambanan dimasukkan menjadi warisan kebudayaan dunia. Asal kita tahu candi prambanan memiliki cerita atau legenda yang sering kita bacakan buat anak anak. Dahulu kala ada seorang putri yang cantik bernama Roro Jonggrang yang lagi sedih karena ayahnya mati di bunuh oleh Bandung Bondowoso. Ketika menyerbu ke kerajaan ayah roro jonggrang Bandung Bondowoso ternyata jatuh cinta kepada Roro Jonggrang, namun tidak mendapat respon yang baik, karena Roro Jonggrang sudah membencinya, tetapi Roro Jonggrang terus di rayu oleh Bandung Bondowoso untuk dijadikan istrinya. Akhirnya Roro Jonggrang menerima lamarannya tetapi dengan syarat. Pertama harus membuat sumur yang diberi nama Sumur Jalatunda, setelah selesai dibuatkan disuruh mengecek tetapi dari atas di timbun bebatuan, namun dengan kesaktiannya Bandung Bondowoso bisa keluar dan marah kepada Roro Jonggrang, tetapi karena rayuannya Bandung kembali luluh. Syarat kedua harus membuatkan 1000 candi dalam satu malam, dengan bantuan makluk halus Bandung bisa menyelesaikan 999 candi, mendengar Bandung sudah bisa membangun 999 candi roro jongrang melakukan tipu muslihat dengan mengumpulkan dayang untuk menumbuk padi dan membakar jerami disisi timur sehingga seperti pagi menjelang. Karena tidak menyelesaikan 1000 candi maka syaratnya dianggap gagal. Merasa di bohongi akhirnya Bandung Bondowoso menjadikan Roro Jonggrang menjadi patung sehingga untuk menggenapi 1000 candi. Namun menurut penelitian dibangunnya Candi Prambanan ( Hindu ) adalah untuk menyaingi candi borobudur ( budha )

3. Malioboro

Ketika jalan jalan ke Yogyakarta tidak lengkap jika kita tidak menyempatkan untuk bermain ke Jl. Malioboro, jalan ini sudah terkenal keseluruh pelosok nusantara karena kita bisa mendapatkan barang yang unik, atau belanja yang murah. Selain itu juga bisa nongkrong dengan santai di tempat ini. Bagi yang suka kuliner Jl. Malioboro menyiapkan segala macam hidangan sehingga kita akan merasa senang. Jl. Malioboro merupakan ikon yang sangat penting bagi Yogyakarta apalagi untuk berbisnis. 

4. Pantai Baron

Posisi Pantai Baron memang unik dan indah karena merupakan sebuah teluk diapit oleh dua bukit dari sisi kanan dan kiri. Selain keindahan pantai yang biru kita bisa menikmati santapan kuliner khas laut. Mulai dari Lobster, Ikan kakap, ikan bawal, ikan tongkol. Selain itu Pantai Baron merupakan tempat transitnya para nelayan untuk berkumpul melakukan transaksi atas ikan yang sudah didapatnya.  Maka disepanjang pantai kita bisa menjumpai banyak nelayan dan perahu yang sudah dipinggirkan. Lokasi Pantai Baron berada di 62 Km dari kota Yogyakarta.

5. Keraton Yogyakarta


Keraton yang dibangun pada tahun 1790 dengan memiliki arsitektur yang indah buatan tradisional jawa. Kita bisa menikmati dan mempelajari tentang keraton yogyakarta. Fasilitas yang paling mengesankan adalah adanya Paviliun yang bertahtakan emas. Tidak membutuhkan penjaga atau militer karena keraton ini sangat keramat sehingga kita harus hati hati dan tidak melakukan hal yang aneh aneh ketika berkeliling kedalam keraton, karena menurut gosip keraton ini dijaga oleh makluk halus.



Keindahan tempat wisata di Yogyakarta memang membuat kita untuk datang secara langsung menikmati sehingga kita bisa membuktikan kebenarannya. Semoga informasi diatas bisa menjadikan inspirasi kita untuk kemana ketika kita berada di Yogyakarta.