Tempat Wisata di Malang

Tempat Wisata di Malang - Malang identik dengan kota pendidikan karena banyak tempat pendidikan disana, malang kotanya juga sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Banyak orang yang datang ke malang dan malas untuk kembali ke rumah karena suasanya yang nyaman. Malang banyak memiliki julukan seperti Malang kota bunga, Malang kota pendidikan, Malang kota Apel dll

Kita semua juga tahu kalau Malang juga memiliki basis suporter sepakbola terbesar di Indonesia yaitu Aremania. Malang dibagi menjadi 3 wilayah, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu. Seperti kota yang lainya Malang memiliki Tempat Wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya, apalagi pada waktu liburan sekolah atau akhir tahun. Mari kita simak dimana aja tempat wisata tersebut.

1. Pantai Balaikambang

Pantai Balaikambang merupakan pantai yang eksotik dengan memiliki pasir putih yang panjang dan ada pura sebuah pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan sehingga membuat banyak orang ingin datang ke pantai ini. Pantai Balaikambang adalah salah satu pantai yang ada di pesisir selatan pulau jawa, sehingga ombaknya sangat besar. Ada bagian di pantai yang boleh untuk berenang dan ada yang tidak. Setiap tahunya ada ribuan pengunjung di pantai ini bahkan untuk malam tahun baru biasanya banyak wisatawan yang menginap di pantai ini. Fasilitas yang diberikan adanya penginapan di tepi pantai, stan makanan, dan penjualan baju serta pernik pernik. Untuk masuk kepantai kita harus membayar Rp. 10.000. Pantai yang indah ini bisa kita abadikan melalui foto foto sehingga ketika kita pulang ada kenangan tersendiri. Untuk kesana kita menempuh waktu sekitar 1 jam dari pusat kota malang kearah selatan.


2. Pantai Ngliyep 

Malang memang memiliki banyak tempat wisata yang indah selain Pantai Balaikambang tidak kalah cantiknya ada Pantai Nliyep. Sama sama pantai di pesisir selatan jawa pantai ngliyep lebih ganas dari pada pantai balaikambang. Ombak yang besar membuat banyak orang berani untuk menaklukkannya akan tetapi bisa kita menantang alam maka kita yang akan kalah. Untuk kesana kita butuh waktu 1 jam dari pusat kota malang dan posisinya di sebelah barat pantai balaikambang. Seperti pantai yang lain pantai ngliyep juga menyediakan penginapan, tempat parkir, dan pantai yang boleh untuk berenang dan yang tidak. Jika ingin melihat ombak yang besar menghantam teping pantai ngliyep salah satunya.

3. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Tidak ada matinya pantai di Malang. Semuanya cantik dan indah. Dengan jarak kurang lebih 75 km dari pusat kota kearah selatan kita akan menjumpai Pantai Sendang Biru yang merupakan TPI atau Tempat Pelelangan Ikan yang besar. Sehingga kita akan banyak menjumpai banyak perahu nelayan yang ada dipinggir pantai. Lokasi Pantai Sendang Biru berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk akses kesana tidak susah karena ada angkutan umum yang bisa nyampai kesana. Disamping itu juga dekat dengan JLS ( jalur lintas selatan ) yang belum diresmikan. Banyak ikan yang bisa kita jumpai disana karena para nelayan akan pulang membawa ikan dan diperjualbelikan. Selain pantai Sendang Biru juga ada Pulau sempu yang jaraknya tidak begitu jauh dari pantai akan tetapi untuk menuju sana harus naik perahu dengan biaya Rp.100.000- Rp.150.000 ribu rombongan. Jika kamu pernah melihat Filmnya Leonardo di Caprio " The Beach " maka didalam pulau sempu akan ada pantai serupa walaupun film itu diambil di pantai thailand.

Pulau Sempu masih alami dan terlindungi jika kita kesana harus membawa bekal dengan lengkap karena tidak ada rumah penduduk atau penjual didalam pulau tersebut. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Kita harus hati hati jika ke pulau sempu karena untuk akses menuju pantai yang indah itu kita harus jalan kaki yang cukup lama dengan medan jalan setapak. Perlu perjuangan untuk melihat pantai seperti film the beach.

4. Wisata Ziarah Gunung Kawi

Wisata Ziarah Gunung Kawi sangat terkenal hingga nusantara, namun banyak orang menyalah artikan yang negatif. Untuk kesana kita menempuh waktu kurang lebih 1 jam dari kota malang, Wisata Ziarah Gunung Kawi berada di lereng Gunung Kawi atau Gunung Putri Tidur ( bentuknya seperti wanita tidur terlentang menghadap selatan ) jika dilihat dari arah barat. Di Pesangrahan Gunung Kawi terdapat dua makan orang yang terkenal yaitu Cucu Pangeran Diponegoro bersama dengan Gurunya. Yaitu makam Eyang Raden Mas Kyai Zakaria alias Mbah Djoego, dan Raden Mas Imam Sujono alias Mbah Sujo. Lokasinya terletak di desa wonosari kecamatan wonosari kabupaten malang. Wono’ berarti ‘hutan sedangkan ‘sari’ berarti ‘inti’. Namun bagi warga setempat, ‘Wonosari’ dimaksudkan sebagai pusat rezeki yang dapat menghasilkan uang secara cepat. Tempat ini berkembang menjadi daerah tujuan wisata ziarah sejak tahun 1980-an.

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo sudah terkenal kemana mana jadi kita tidak perlu memberikan ulasan yang detail. Tapi perlu kita ketahui Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang.

Rute dari Surabaya maupun Kota Malang (Bandara/Terminal/Stasiun Surabaya) untuk menuju tempat lokasi Gunung Bromo dengan Transportasi umum atau Kendaraan pribadi sangat mudah yaitu melaui rute :
- Surabaya – Sidoarjo – Pasuruan – Probolinggo – Bromo
- Malang – Pasuruan – Probolinggo – Bromo

Untuk kesana tidak sulit karena banyak akses yang tersedia, bisa melakukan persewaan motor trail yang ada di malang atau bisa menggunakan kendaraan sendiri. Panorama yang menakjubkan bisa kita liat waktu matahari terbit tau Sunrise dan gurun pasir di sekitar gunung, kalau dari atas akan terlihat mendung menyelimuti gunung seperti berada diatas awan.

Masih banyak tempat wisata di Malang yang bisa kita kunjungi seperti Goa China, Pantai Bajul Mati, Bendungan Karangkates dll. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita tentang tempat pariwisata yang patut kita kunjungi di malang.