Tempat Wisata di Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya - Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Ibukota Jakarta. Kota yang sibuk dan tempat yang selalu hidup dari pagi sampai malam, Surabaya juga merupakan Ibukota Provinsi Jawa Timur. Semua fasilitas banyak yang sudah menyamai Ibukota Jakarta, seperti bandar udara Juanda yang sudah bertaraf Internasional.

Disamping itu juga memiliki pelabuhan Tanjung Perak yang besar dan bersandarnya kapal kapal diseluruh Indonesia. Surabaya juga memiliki tempat wisata yang indah dan banyak diminati oleh banyak orang. Seperti apa keindahan tempat wisata di Surabaya yang bisa kita kunjungi,

1. Pantai Kenjeran

Pantai yang indah dan menjadi maskot dari kota Surabaya merupakan pantai yang harus kita kunjungi. Pantai kenjeran merupakan pantai keluarga, karena banyak keluarga yang datang kepantai khususnya warga kota surabaya yang ingin menikmati suasana segar karena aktifitas yang padat dan padatnya kota. Ketika kepantai kenjeran kita bisa mancing atau keliling menggunakan perahu bahkan kita bisa duduk duduk di bawah pohon untuk menyantap makanan bersama dengan teman teman. 

2. Tugu Pahlawan

Surabaya merupakan kota pahlawan yang memiliki sejarah hebat, pada waktu masa perjuangan semua saudara kita khususnya warga surabaya bertempur mempertahankan surabaya dari serangan Belanda yang di pimpin Jendral Malaby. Walaupun hanya mempunyai senjata apa adanya para patriot Negara kita bisa menang melawan Belanda dan di tandai dengan tewasnya Jendral Malaby. Semangat patriotisme yang tinggi tersebut di abadikan dalam monumen Tugu Pahlawan, Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga, Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.

3. Jembatan SuraMadu


Indahnya jembatan Suramadu ( Surabaya dan Madura ), jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan yang di resmikan pada tanggal 10 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan jembatan ini kita bisa lebih lancar dalam melakukan perjalanan dari Jawa ke Madura dan menambah aset pemerintah sebagai tempat wisata.

4. Monumen Kapal Selam

Kota pahlawan memang memiliki sejarah yang banyak tentang patriotisme pada waktu perang, sebagai contoh dengan adanya Monumen Kapal Selam di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Untuk memindahkan dari laut ke darat harus di potong dan disatukan kembali.

5. Ciputra Waterpark

Ketika liburan tiba semua keluarga ingin melakukan wisata bersama dan untuk daerah surabaya sudah disediakan wisata air yaitu Ciputra Waterpark dengan area seluas 5 hektar. Di Ciputra Waterpark bertemakan kisah dari Petualangan Sinbad. Kalau ingin bermain air disini tempatnya yang tepat tetapi tidak bisa untuk berenang karena tinggi kolam hanya 1 meter sehingga kita tidak akan tenggelam. Sehingga semua orang bisa bermain mulai dari anak anak sampai kakek nenek. Untuk masuk ke Ciputra Waterpark kita kenakan biaya Rp. 70.000 pada hari biasa dan Rp.90.000,- untuk hari libur atau akhir pekan, khusus untuk orang tua yang memiliki usia diatas 60 th ada pengecualian yaitu mendapatkan tiket gratis cukup menunjukkan identitas pribadi atau KTP.

Demikianlah informasi tempat pariwista yang ada di Surabaya dan masih banyak lagi yang bisa kita kunjungi, bila kita jalan jalan ke Kota Pahlawan maka kita bisa mampir atau singgah sebentar untuk melakukan wisata.