Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bali - Pesona Pulau Dewata atau Pulau Bali sudah tersebar kepelosok dunia, kadang orang luar lebih kenal dengan Pulau Bali dari pada Indonesia. Keunikan dan ciri khas tersendiri yang membuat pulau bali menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang kesana, itu juga di dukung dengan panorama yang indah dari laut yang mengelilingi pulau bali.



Tiap tahun ketika liburan sekolah datang semua sekolah atau personal selalu mengagendakan untuk bertamasya ke pulau bali. Kenapa menjadi buah bibir walaupun kadang kita sudah sering kesana, tetapi ketika diajak kesana lagi pasti tidak akan menolaknya. Mari kita liat pesona tempat wisata di pulau bali yang membuat banyak orang terkesima dan betah jika disana.


1. Pantai Kuta



Pantai kuta merupakan pantai yang indah dan bersih dan paling dekat dengan bandar udara Ngurah Rai sehingga mudah dijangkau. Selain itu Pantai Kuta berada di ibukota Bali yaitu Denpasar. Keindahan yang bisa kita dapat dari pantai kuta paling utama adalah ombaknya yang besar sehingga bisa dibuat surfing dan pasir pantai yang luas sehingga banyak orang yang berjemur untuk membuat kulit mereka coklat. Keistimewaan pantai kuta yang lain adalah, ketika sore hari datang maka banyak wisatawan yang ingin mengabadikan sunset atau matahari terbenam. Di sekitar pantai banyak di berikan fasilitas untuk memanjakan pengunjung seperti, Hotel, Persewaan Mobil/Motor, Pub, Karaoke, Mall, Diskotik, Distro dll.

2. Tanah Lot

Tanah Lot Bali merupakan pantai yang indah karena ada legenda yang tercipta dipantai ini. Kita bisa melihat ada 2 pura yang terdapat pada batu besar. Menurut legenda dahulu diceritakan Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Dahulu kala ada brahmana dari jawa yang mengembara dan membawa agama hindu ke bali kemudian membangun Sad Kahyangan. Karena banyak pengikut dari penguasa Tanah Lot Bendesa Beraben yang ikut brahmana tersebut, itu membuat Bendesa Beraben iri dan menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Sebelum meninggalkan Tanah Lot dia  memindahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai dan membangun pura disana kemudian mengubah selendangnya menjadi ulat penjaga pura. Pada akhirnya Bendesa Beraben menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Tanah lot sama seperti Pantai kuta begitu indah ketika sore hari karena sunsetnya. Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan.

3. Garuda Wisnu Kencana ( GWK )
Taman Wisata Budaya Garuda Wisnu Kencana yang sudah dibuat sejak lama namun belum selesai dalam penyatuan. Rencananya GWK akan dijadikan sebagai maskot pulau bali dengan pantung wisnu naik garuda yang tingginya 12 meter. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. GWK banyak dimanfaatkan untuk acara konser musik atau yang lainnya karena bisa menampung sampai 7000 orang. Fasilitas yang lain adalah Wisnu Plaza, Street Theater, Lotus Pond, Indraloka Garden, Tirta Agung, Amphitheatre. Bila kebali tanpa mengunjungi GWK akan terasa kurang lengkap, karena tempat ini merupakan karya seni yang menakjubkan yang dibuat oleh manusia

4.  Pantai Lovina

Ketika kamu mengunjungi pantai pasti yang kita lihat fokus utama adalah pantainya dan lautnya, tetapi di Pantai Lovina ada pengecualian karena kita bisa melihat banyak lumba lumba yang berenang mendekati pantai. Itu merupakan daya tarik tersendiri karena belum ada pantai yang banyak lumba lumbanya. Pantai lovina merupakan andalah bagi warga bali bagian utara terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja. Pantai lovina memiliki cerita yang panjang dan sempat dibekukan oleh pemda setempat karena nama " Lovina " yang tidak sesuai dengan bahasa bali. Awal mulanya Anak Agung Panji Tisna yang membuat tempat peristirahatan disana namun kurang mendapat respon dari pengunjung. Tetapi sekarang banyak pebisnis yang sudah mengembangkan daerah bali utara sehingga meminta untuk membuka kembali pantai lovina. 

5. Danau Bedugul

Danau bedugul adalah salah satu danau yang ada di bali dengan memiliki keasrian dan tempat yang berada diatas gunung dengan keunikan di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Jika ingin mengelilingi danau bisa menyewa perahu. Danau yang dikelilingi oleh bukit sangat sejuk dan kita bisa mengabadikannya. Danau bedugul atau baratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Masih banyak tempat wisata dibali yang bisa kita kunjungi, kenapa bali bisa terkenal karena keindahan alam dan ciri khas budaya yang tetap dipelihara dengan seksama juga di lindungi membuat daya tarik tersendiri. Semoga informasi diatas bisa membuat anda lebih tahu tentang pariwista di bali yang tersohor itu.